Principles

Preambul Peraturan Dasar Pergerakan Indonesia Maju (PIM)

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan mendasarkan perjuangan pada kemanusiaan, kemajemukan dan kebersamaan, dibentuklah Pergerakan Indonesia Maju (PIM) sebagai wadah kebersamaan segenap elemen bangsa untuk merealisasikan cita-cita kemerdekaan negara.

Bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan segenap elemen dan komponen bangsa untuk mengenyahkan penjajahan yang telah menguasai negeri selama tiga setengah abad lebih. Perjuangan yang telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta yang tak berbilang itu adalah perjuangan suci untuk mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Untuk itulah negara perlu menjalankan fungsi dan perannya, yaitu melindungi segenap rakyat dan seluruh tanah tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan turut serta menjaga ketertiban dunia dan mewujudkan perdamaian abadi. Penunaian misi ini menuntut proses pembangunan berkelanjutan disertai penyesuaian diri sesuai gerak waktu yang berubah. Cita-cita Nasional dalam kontek dinamika peradaban dewasa ini dapat dipahami sebagai Indonesia yang maju, adil, makmur, berdaulat, dan bermartabat.

Bahwa perjalanan kehidupan bangsa selama ini menunjukkan pembentukan bangsa dan Negara masih dalam proses menjadi, belum mencapai bentuk paripurna sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa dan harapan rakyat Indonesia. Kehidupan bangsa dalam bidang sosial-politik masih menampilkan kesenjangan sosial dan demokratisasi belum membawa kesejahteraan. Dalam bidang sosial-ekonomi, ketidak adilan ekonomi masih terjadi, yang mengakibatkan pemerataan semakin jauh dari harapan. Dalam bidang sosial-budaya, nilai-nilai budaya bangsa tergerus oleh penetrasi budaya luar, kemajemukan bangsa tergoyahkan oleh berkembangnya kefanatikan suku, agama, ras, danantar-golongan, serta pendidikan masih belum berhasil membentuk watak bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai keutamaan.

Bahwa kini bangsa menghadapi tantangan baru dari luar yang mengancam kedaulatan negara, yakni perkembangan kawasan dan dunia, yang membawa tiga kata kunci: kualitas, persaingan, dan daya saing, Bangsa Indonesia tidak boleh kehilangan harapan dan kepercayaan menghadapi masa depan. Adalah kewajiban dan tanggung jawab semua warga Negara untuk terus bangkit bergerak, bekerjasama, bahu-membahu menghadapi tantangan dan mengatasi permasalahan bangsa.

Maka berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan mendasarkan perjuangan pada kemanusiaan, kemajemukan dan kebersamaan, dibentuklah Pergerakan Indonesia Maju (PIM) sebagai wadah kebersamaan segenap elemen bangsa untuk merealisasikan cita-cita kemerdekaan negara. Pergerakan Indonesia Maju merupakan sarana kerjasama atas kepentingan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Pergerakan ini meyakini kemajemukan merupakan kekuatan, maka kemajemukan harus dijelmakan dalam kebersamaan. Hanya dengan kebersamaan cita-cita bangsa akan menjadi kenyataan.

About the author

Ahmadie Thaha

101 Comments

Click here to post a comment